Baru Coba Blog BACKLINK SEBUAH BLOG TIDAK DAPAT BERDAMPAK INSTAN | Dunia Blogger | Semangat Baru
Headlines News :
Home » » BACKLINK SEBUAH BLOG TIDAK DAPAT BERDAMPAK INSTAN

BACKLINK SEBUAH BLOG TIDAK DAPAT BERDAMPAK INSTAN

Written By tjondro dahono on Selasa, 01 Januari 2013 | 05.37

Semangat BaruSEMANGAT BARU. Backlink yang kita miliki pada awal membangun sebuah blog memang sedikit. Saya sendiri biasanya mencari backlink setelah punya sekitar 10 postingan (artikel pilar), karena dengan jumlah tersebut selain sudah cukup untuk membangun sebuah internal link, juga saya anggap layak untuk mendaftar ke berbagai web dan blog direktori serta mengirimkan beberapa artikel unggulan ke artikel direktori serta berbagai search engine.

Jika langkah-langkah awal telah dilakukan sesuai prosedur, misalnya Anda sudah melakukan riset keyword secara benar. Kemudian menyusun keyword turunan dengan skema piramid sesuai dengan tingkat kompetitor dan melakukan posting sesuai urutan agar internal link-nya bisa terjalin dengan sistematis. Tidak lupa pula mentarget setiap posting sebanyak minimum 300 kata yang didalamnya tersebar keyword secara merata sebanyak sekitar 3 persen. Sementara secara rutin Anda melakukan posting setiap hari, paling banyak 3 postingan.

Maka dalam jangka waktu sekitar dua minggu, tanpa backlink, pagerank blog Anda yang semula berstatus n/a dengan sendirinya akan berubah menjadi 0/10. Hal ini saya alami beberapa kali, kadang-kadang saya bertanya apakah dari n/a ke 0/10 tidak melalui perangkingan Google ? Ini berlaku untuk CMS blogspot dan wordpress. Ada cacatan tambahan yang mungkin perlu diketahui, jika kita menggunakan blogspot gratisan justru untuk memperoleh pagerank bisa dilakukan sedikit lebih mudah.

Salah satu blog gratisan saya yang menggunakan platform blogspot (caragampang21.blogspot.com), sedianya saya siapkan untuk blog dummy secara tak sengaja tiba-tiba naik ke PR #2. Lebih dari 50 persen keywordnya berada di halaman satu Google.co.id (Sekarang PR-nya turun menjadi 1, akibat beberapa bulan tidak pernah diupdate ).

Sedangkan keyword-keyword blog utama yang sedianya saya gunakan untuk bisnis affiliasi dengan pasar USA ternyata mogok di antara halaman 2 sampai 5. Hal ini sempat membuat saya frustrasi sampai saya sadari bahwa di sana tingkat kompetisinya sangat tinggi. Link affiliasinya bahkan belum sempat saya pasang.

Berdasarkan perkiraan tersebut, untuk setiap halaman atau postingan dalam blog itu (misalnya: http://www.domain.com/alamat halaman ybs) saya carikan backlink dengan berbagai cara. Diantaranya, mendaftarkannya pada iklan gratisan, memberi komentar pada situs yang dofollow, memasang linknya pada dummy blog atau mendaftarkanya pada blog direktori (yang terakhir ini sulit diterima, karena mereka meminta URL domain utama.).

Dasar saya masih bermental instan, satu sampai dua hari, bahkan saya sabarkan diri untuk menunggu sampai seminggu untuk menchek hasilnya. Ternyata hasilnya nol besar ! Saya chek dengan beberapa backlink checker, hanya dua backlink yang nongol. Pokoknya tak sebanding dengan susah payah yang telah dialami. Secara kebetulan, blog saya yang lain berbahasa Indonesia tiba-tiba kebanjiran pengunjung. Akibatnya, saya jadi mengasyiki dan fokus hanya pada blog tersebut.

Sampai pada suatu saat secara iseng saya ketikkan keyword dari blog yang pernah dengan gencar saya carikan backlink beberapa bulan yang lalu. Hasilnya di luar dugaan, dari 28 keyword yang saya jadikan judul postingan - 20 keyword menduduki halaman pertama di Google.com. Pageranknya pun dari 0/10, kini naik 1/10. Padahal seluruh postingan dalam blog tersebut hanya berjumlah 28 plus About Me.

Jadi, saya punya kesimpulan baru - 
Bahwa backlink yang kita cari dan peroleh tidak secara langsung bisa berfungsi menjadi link balik pada blog kita. Selain itu perangkingan Google dilakukan setiap empat bulan, dan algoritmanya pun berubah setiap tahun.

Menanamkan backlink pada sebuah blog pada dasarnya mirip dengan mananam benih tanaman, perlu kesabaran untuk menunggu hasilnya. Secara teknis yang diperlukan adalah mencari benih yang baik dan menanamkannya dengan cara yang benar. Evaluasinya baru bisa dilakukan sekitar tiga atau empat bulan kemudian. Jika hasilnya tidak sesuai harapan, berarti perlu dilakukan teknik lain yang lebih relevan dan dievaluasi lagi empat bulan kemudian. Semua proses itu bisa dilakukan jika kita punya cukup kesabaran dan ketekunan.

Demikian uraian tentang backlink sebuah blog tidak dapat berdampak instan, semoga dapat memberikan pencerahan.

Inspirasi :

Share this article :

Ditulis Oleh : tjondro dahono ~ Informasi Dunia Blogger Terkini

Johan Purnomo Sobat sedang membaca artikel tentang BACKLINK SEBUAH BLOG TIDAK DAPAT BERDAMPAK INSTAN. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Twitter

 
Support : Cara Gampang Blog | Free Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. Dunia Blogger | Semangat Baru - All Rights Reserved
Baru Coba Blog
Original Design by Creating Website Last Modified by : Johan Purnomo